
DIECAST MOBIL SPORT Tigi
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan listrik sedianya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yang dibuat pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan tetapi pd masa itu kendaraan roda empat listrik ini sekadar dilengkapi dengan batree yg tak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yg bisa diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan utama dlm perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yang dilengkapi dengan baterai yang dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memberitahukan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu selesai itu barulah pada 31 hari November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
DIECAST MOBIL SPORT Tigi
Tdk Semua bulanan berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang bagian kanan dan dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat tdk semua inovasi penting itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai menjadi daerah dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan mobil listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sebenarnya merupakan penemu yang berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menciptakan lokomotif serta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru scr legal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan mobil ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda 4 listrik tercepat waktu itu.
DIECAST MOBIL SPORT Tigi

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakekan mobil listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan kendaraan roda 4 tsb mempunyai keahlian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg berarti ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batere yg memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya mandiri yaitu seberat 750kg.
Sehabis lewat perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menerima kemunduran karena dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan Ford T pertama kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL SPORT Tigi
Waktu Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini dan sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai material bakar serta anggaran produksi kendaraan material bakar sampai 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tak populer.
