MINIATUR MOBIL AGYA Morowali
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik yakni inovasi tekno terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik sedianya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik pertama yang diurus pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau namun pada waktu itu kendaraan roda empat listrik ini cuma dilengkapi dgn baterai yang tak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batree yang bisa diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berguna dalam perkembangan digital mobil listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yg dilengkapi dengan baterai yg dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memublikasikan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan test coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda serta juga perahu sehabis itu barulah pd 31 hari November 1818 pada hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL AGYA Morowali
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Tidak Semua bulanan berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton dan John Perry mempromosikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang bagian kanan & dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat beberapa penemuan bernilai itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjelma daerah dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan buat pertama kalinya. Ia sedianya yaitu insinyur yg berprofesi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menciptakan lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru secara sah dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengiklankan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan mobil listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai mobil listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL AGYA Morowali
Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & mobil tsb memperoleh kemampuan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! malahan melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batere yg mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri merupakan seberat 750kg.
Selepas lewat perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya mengalami kemunduran karna dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL AGYA Morowali
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan modern masa ini bersama sekalian mempengaruhi industri kendaraan pada masa itu. Ditambah dgn masih murahnya price materi bakar dengan anggaran produksi mobil materi bakar sampai 2 kali lbh murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik semakin tak populer.