
MINIATUR MOBIL GRAND LIVINA Kolaka
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik adalah penemuan digital terkini, anda keliru. Perkembangan digital mobil listrik sedianya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik kesatu yg diurus pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Hendak tapi pd saat itu kendaraan listrik ini sekadar dilengkapi dgn baterai yang enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yang mampu diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berguna dlm perkembangan digital kendaraan roda 4 listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dgn baterai yang bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memublikasikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda & juga perahu sehabis itu barulah pada bulanan November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL GRAND LIVINA Kolaka
Tdk Semua 30 hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry mengiklankan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan beserta dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.
Berkat tidak semua penemuan substansial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjelma daerah dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sesungguhnya yakni insinyur yg berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menghasilkan lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dengan cara resmi dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengintroduksi kendaraan ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan mobil listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana bisa melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda 4 listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL GRAND LIVINA Kolaka

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan mobil tersebut memiliki kemahiran jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yg mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya seorang diri yakni seberat 750kg.
Sehabis lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mengalami kemunduran krn dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 mobil Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL GRAND LIVINA Kolaka
Waktu Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern wkt ini & sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd masa itu. Ditambah dengan masih murahnya harga berbahan dasar bakar beserta bujet produksi kendaraan roda empat material bakar hingga 2 kali lbh ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan mobil listrik lama kelamaan nggak populer.
