DIECAST MOBIL RMZ Pasuruan
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik ialah penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan listrik sesungguhnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik pertama yg diciptakan pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal namun pd wkt itu kendaraan roda empat listrik ini sekadar dilengkapi dengan batere yang tak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yg dpt diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dlm perkembangan tekno mobil listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yang dilengkapi dgn batere yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memublikasikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu selesai itu barulah pada bulan November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL RMZ Pasuruan
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulan berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry mempromosikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang daerah kanan beserta dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua penemuan berarti itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah bagian dari kesibukan ekonomi masa itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan mobil listrik pabrikan bakal nomor satu kalinya. Ia sedianya merupakan insinyur yang beroperasi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru secara formal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengiklankan kendaraan ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg mobil listrik tercepat waktu itu.
DIECAST MOBIL RMZ Pasuruan
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & mobil tsb mendapatkan kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batree yang memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya independen ialah seberat 750kg.
Selepas memakai perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menjumpai kemunduran karna dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL RMZ Pasuruan
Masa Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern wkt ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada masa itu. Ditambah dgn masih murahnya value material bakar bersama budget produksi mobil materi bakar sampai 2 kali ekstra murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan enggak populer.