DIECAST MOBIL TERBARU Jayawijaya
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik adalah inovasi globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan listrik sebetulnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yang diurus pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Mau tapi pada waktu itu kendaraan listrik ini cuma dilengkapi dengan batere yg tak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yang mampu diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berarti dalam perkembangan globalisasi kendaraan roda 4 listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yg mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memperkenalkan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu sesudah itu barulah pada 31 hari November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
DIECAST MOBIL TERBARU Jayawijaya
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bln berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton & John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang lokasi kanan dengan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh sekitar 40 kilometer.
Berkat tdk semua inovasi bernilai itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah wilayah dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan bagi kesatu kalinya. Ia sebetulnya merupakan insinyur yang berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dengan cara resmi dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg kendaraan listrik tercepat wkt itu.
DIECAST MOBIL TERBARU Jayawijaya
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakekan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama kendaraan roda empat tersebut mempunyai kapabilitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd thn 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batree yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya independen yakni seberat 750kg.
Sehabis memakai perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya mendapatkan kemunduran krn dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda 4 Ford T nomor satu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL TERBARU Jayawijaya
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar pertama ini, yaitu cikal bakal industri mobil modern waktu ini beserta sekalian mempengaruhi industri kendaraan pd waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai materi bakar beserta dana produksi kendaraan berbahan dasar bakar hingga 2 kali ekstra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik lama kelamaan tak populer.