MINIATUR MOBIL BUS Kutai Timur
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik merupakan inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan listrik sedianya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik nomor satu yg dikerjakan pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Bakal tapi pada wkt itu kendaraan roda empat listrik ini hyn dilengkapi dengan batere yang enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yg sanggup diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dlm perkembangan globalisasi kendaraan roda 4 listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yg dilengkapi dengan batere yang dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memberitahukan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu selesai itu barulah pd 31 hari November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL BUS Kutai Timur
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Beberapa bln berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry menghadirkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang area kanan beserta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh sekitar 40 kilometer.
Berkat tdk semua inovasi esensial itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai berubah bagian dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan buat pertama kalinya. Ia sebetulnya ialah penemu yg berkarya pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dgn cara legal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menginformasikan kendaraan roda 4 ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor selaku kendaraan roda empat listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL BUS Kutai Timur
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & kendaraan roda empat tsb mendapatkan kapasitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan maksimum 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg bermakna ‘tidak sempat puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batree yg mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya seorang diri yakni seberat 750kg.
Selepas melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menemukan kemunduran karena dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 kendaraan Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL BUS Kutai Timur
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan modern masa ini & sekalian mempengaruhi industri mobil pd wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya harga berbahan bakar beserta biaya produksi kendaraan roda 4 materi bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan mobil listrik menjadikan mobil listrik semakin tidak populer.