MINIATUR MOBIL FERRARI Halmahera Utara
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik adalah penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik sebenarnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik nomor satu yg diciptakan pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Mau namun pd masa itu kendaraan listrik ini hanya dilengkapi dgn batree yang tak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yg bisa diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermakna dalam perkembangan globalisasi kendaraan listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yg dilengkapi dengan batree yg dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menginformasikan kepada dunia sains pada saat itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sehabis itu barulah pd 31 hari November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL FERRARI Halmahera Utara
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua bulan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan dengan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh kira-kira 40 kilometer.
Berkat sebagian inovasi berarti itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai berubah bagian dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan untuk nomor satu kalinya. Ia sesungguhnya ialah insinyur yang beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menghasilkan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dengan cara formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan kendaraan ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan mobil listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg kendaraan roda empat listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL FERRARI Halmahera Utara
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menggunakan kendaraan roda empat listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret beserta kendaraan tsb mempunyai kompetensi jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batere yang memiliki berat setengah dari berat mobilnya sorangan yaitu seberat 750kg.
Selepas melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menjumpai kemunduran karena dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL FERRARI Halmahera Utara
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar pertama ini, yakni cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern wkt ini beserta sekalian mempengaruhi industri mobil pd masa itu. Ditambah dengan masih murahnya price bahan bakar beserta bujet produksi kendaraan bahan bakar sampai 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan tak populer.