MINIATUR MOBIL TOYOTA AVANZA Pemalang
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik merupakan inovasi tekno terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan listrik sesungguhnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda 4 listrik kesatu yang dikerjakan pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan tapi pada wkt itu kendaraan roda 4 listrik ini semata-mata dilengkapi dengan batere yang enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batree yg dapat diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dlm perkembangan globalisasi kendaraan roda 4 listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yg dilengkapi dengan baterai yg dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mempromosikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda & juga perahu selesai itu barulah pada bulanan November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL TOYOTA AVANZA Pemalang
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulanan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton dan John Perry mempromosikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang wilayah kanan beserta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh kira-kira 40 kilometer.
Berkat tidak semua inovasi bernilai itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjadi wilayah dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pada tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan mobil listrik pabrikan untuk kesatu kalinya. Ia sebetulnya ialah insinyur yang bekerja pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif dan bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dengan cara sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menginformasikan mobil ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan mobil listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL TOYOTA AVANZA Pemalang
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan mobil tersebut memiliki penguasaan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta baterai yang mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya independen yaitu seberat 750kg.
Selepas memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mendapatkan kemunduran krn dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL TOYOTA AVANZA Pemalang
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini & sekaligus mempengaruhi industri mobil pd waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya price berbahan dasar bakar beserta biaya produksi kendaraan roda 4 materi bakar sampai 2 kali lebih murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama nggak populer.