MINIATUR MOBIL VIOS Tangerang
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik merupakan inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik sedianya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik pertama yg diproses pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau tapi pd saat itu kendaraan listrik ini sekadar dilengkapi dengan batere yg tak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yg dapat diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berarti dalam perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yg dilengkapi dgn batree yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengintroduksi kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu selepas itu barulah pd 31 hari November 1818 pada hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL VIOS Tangerang
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Enggak Semua bln berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton dengan John Perry memperkenalkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang daerah kanan serta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat tidak semua inovasi berguna itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai berubah area dari kesibukan ekonomi masa itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat pertama kalinya. Ia sebenarnya merupakan insinyur yg bekerja pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara resmi dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menginformasikan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg kendaraan roda 4 listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL VIOS Tangerang
Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 penerapan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama kendaraan tsb memiliki kapasitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yg berarti ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batere yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri ialah seberat 750kg.
Sesudah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya mendapatkan kemunduran krn dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL VIOS Tangerang
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan modern waktu ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya value berbahan bakar serta uang produksi kendaraan material bakar sampai 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik makin lama tidak populer.