DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta denger dong merk yg pertama... karena anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain design yang diproduksi menerapkan cara die-casting, yang berarti lewat sistem pelelehan logam dgn kata lain logam buat selanjutnya dituang & dicetak serasi dgn rupa yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene
Bahan
Logam yang dipakai biasanya yakni zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang regular menerapkan kaidah die casting rata-rata yaitu mainan design dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun mampu diproses dgn tata cara ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup seperti keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pada tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care kalo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yg amat bagus k'lo kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan tambahan nafkah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Malahan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dengan mengerjakan jual-beli, aliran uang di profesi mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene
Harga
Nilai juga amat bervariasi serta menjurus berubah tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo design diecast tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur dapat berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman kesenangan kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangkajene

LihatTutupKomentar