DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta denger dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain design yg diproduksi menerapkan teknik die-casting, yg berarti menggunakan operasi pelelehan logam alias metal buat setelah itu dituang dan dicetak serasi dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru
Bahan
Metal yang dipakai lazimnya ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang regular memakaikan langkah die casting rata-rata ialah mainan tipe dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun bisa dikerjakan dgn tutorial ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pada jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yang amat bagus kalau kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan lbh upah dari menekuni penghidupan miniatur ini. Terlebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari karier miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat bersama menjalani jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dpt menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru
Harga
Nilai juga sangat beragam dan menjurus menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tetapi buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini bisa menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa mengganggu kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

DIECAST MINIATUR MOBIL Piru

LihatTutupKomentar