DIECAST MINIATUR MOBIL Soe

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias model yang diproduksi memakaikan prosedur die-casting, yg berarti melalui prosedur pelelehan metal alias logam bagi setelah itu dituang dengan dicetak serasi dgn tipe yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe
Bahan
Logam yg dipegunakan rata-rata merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg biasa menerapkan teknik die casting lazimnya merupakan mainan desain dgn skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun dpt diciptakan dgn cara ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang amat bagus kalau kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh tambahan income dari menekuni pencaharian diecast ini. Sampai-Sampai banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat & menjalani jual-beli, perputaran uang di profesi mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi baik jual membeli ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe
Harga
Harga juga amat bermacam-macam dengan berat menjadi tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika rupa versi mini tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tapi buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dpt berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan bimbingan apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe

DIECAST MINIATUR MOBIL Soe

LihatTutupKomentar