DIECAST MINIATUR MOBIL Solok

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau jenis yang diproduksi menerapkan tips die-casting, yg berarti melalui teknik pelelehan metal alias metal utk selanjutnya dituang bersama dicetak sesuai dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok
Bahan
Logam yg dipake kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg lazim memakekan strategi die casting lazimnya merupakan mainan rupa dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun sanggup diproduksi dengan pola ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak concern kalo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain nggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus bila kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh extra penghasilan dari menekuni usaha modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat dengan memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di pekerjaan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi positif jual belanja maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa serta miring berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau jenis diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Namun bagi orang serupa saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast bisa menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus merecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata kesukaan kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok

DIECAST MINIATUR MOBIL Solok

LihatTutupKomentar