DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias model yang diproduksi menggunakan panduan die-casting, yg berarti melalui cara pelelehan logam atau logam bagi lalu dituang serta dicetak bertimbal dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa
Bahan
Logam yang dipegunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakekan strategi die casting biasanya ialah mainan desain dgn skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun bisa diciptakan dengan tips-tips ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt serupa keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care kalau modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mempunyai value ekonomi yang sangat bagus bila kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh pelengkap penghasilan dari menekuni profesi miniatur ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat & mengerjakan jual-beli, perputaran uang di penghidupan mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual membeli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa
Harga
Price juga sangat berupa-rupa beserta miring menjadi tinggi, malahan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika model modeling tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Namun buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai modeling dapat berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa

DIECAST MINIATUR MOBIL Sugapa

LihatTutupKomentar