DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias design yg diproduksi memakaikan tutorial die-casting, yang bermakna melalui metode pelelehan logam alias logam utk sesudahnya dituang & dicetak sinkron dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem
Bahan
Logam yg digunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yang standar menerapkan tata cara die casting biasanya adalah mainan jenis dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun dapat diciptakan dengan aneka tips ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa serupa keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak concern bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi memiliki harga ekonomi yang sangat bagus kalau kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan ekstra upah dari menekuni profesi versi mini ini. Terlebih banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat serta melakukan jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positive jual pesan maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem
Harga
Value juga sangat beragam & miring berubah tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau rupa diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur bisa menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn kesenangan kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Klampisngasem

LihatTutupKomentar