DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain model yg diproduksi memakekan strategi die-casting, yg bermakna melalui operasi pelelehan metal dengan kata lain logam bakal lantas dituang dan dicetak sesuai dgn model yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu
Bahan
Logam yg dipegunakan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg umum menerapkan teknik die casting umumnya yakni mainan rupa dgn ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun mampu diproses dgn teknik ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat serupa keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh price ekonomi yang sangat bagus kalo kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan lebih income dari menekuni usaha modeling ini. Malahan byk yang bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari profesi versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat dengan mengerjakan jual-beli, pergantian uang di usaha mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positive jual belanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu
Harga
Value juga sangat berupa-rupa serta berat menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau design miniatur tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Namun buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast bisa berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai alias dari hyn kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu

DIECAST MINIATUR MOBIL Kefamenanu

LihatTutupKomentar