DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias rupa yg diproduksi menerapkan cara die-casting, yg berarti melalui teknik pelelehan metal dgn kata lain metal bakal selanjutnya dituang & dicetak sebati dengan tipe yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta
Bahan
Metal yg diperlukan lazimnya merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg lazim memakaikan pola die casting biasanya yaitu mainan design dgn ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun bisa diproses dgn sistem ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dengan istilahnya, krn mereka sanggup serupa keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh pelengkap nafkah dari menekuni bisnis versi mini ini. Terlebih banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dan melakukan jual-beli, aliran uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini bisa menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta
Harga
Price juga sangat bervariasi serta cenderung menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo model modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia minat yg 1 ini. Tapi untuk orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai diecast dapat menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuma doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta

DIECAST MINIATUR MOBIL Yogyakarta

LihatTutupKomentar