DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi menerapkan proses die-casting, yang berarti memakai sistem pelelehan logam dgn kata lain metal utk setelah itu dituang bersama dicetak serasi dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur
Bahan
Metal yang digunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg standar menerapkan cara die casting biasanya yaitu mainan jenis dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebetulnya apapun dpt diciptakan dengan aturan ini.

Di atas yakni nama ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa seperti keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain tak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yg sangat bagus kalo kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh extra salary dari menekuni usaha modeling ini. Terlebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dengan mengerjakan jual-beli, peredaran uang di penghidupan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur
Harga
Value juga sangat bervariasi dan condong menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau jenis versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia minat yang satu ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling mampu berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Timur

LihatTutupKomentar