DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yg pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung atau supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain desain yang diproduksi memakekan aneka tips die-casting, yang bermakna melalui proses pelelehan metal dengan kata lain metal bakal sesudahnya dituang serta dicetak pantas dgn rupa yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh
Bahan
Metal yang digunakan biasanya ialah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yang jamak menerapkan teknik die casting umumnya yakni mainan tipe dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dapat dibuat dengan metode ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat semacam keracunan / addicted k'lo sudah jatuh cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan komplemen income dari menekuni usaha diecast ini. Sampai-Sampai banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dan memperbuat jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positive jual belanja maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dapat menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh
Harga
Harga juga sangat bermacam-macam dengan miring berubah tinggi, terlebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo desain diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Tapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling sanggup menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh

DIECAST MINIATUR MOBIL Payakumbuh

LihatTutupKomentar