DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau rupa yg diproduksi menggunakan arahan die-casting, yang bermakna menggunakan sistem pelelehan metal dengan kata lain metal utk lantas dituang serta dicetak sesuai dengan model yang diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora
Bahan
Metal yang dipegunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yg normal menggunakan cara die casting umumnya merupakan mainan design dgn skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dpt diproses dgn tips-tips ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa semacam keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun mendapatkan price ekonomi yang sangat bagus bila kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan lbh nafkah dari menekuni pencaharian versi mini ini. Lebih-Lebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi baik jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini mampu menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora
Harga
Nilai juga amat beragam dan mengarah menjadi tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila desain versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Namun buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling dpt berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hyn demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

DIECAST MINIATUR MOBIL Blora

LihatTutupKomentar