DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta dengar dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain model yg diproduksi menggunakan petunjuk die-casting, yang berarti lewat proses pelelehan metal atau metal utk kemudian dituang bersama dicetak sinkron dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem
Bahan
Logam yang dipakai rata-rata yaitu zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg lazim menerapkan metode die casting biasanya yakni mainan jenis dgn size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun dpt diurus dengan arahan ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dgn istilahnya, krn mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), namun memiliki value ekonomi yang sangat bagus bila kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh lebih income dari menekuni profesi modeling ini. Malahan byk yg dpt menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melaksanakan jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem
Harga
Harga juga amat beragam serta cenderung menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika rupa diecast tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Tapi utk orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling bisa menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan cara apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

LihatTutupKomentar