DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menerapkan tata cara die-casting, yg bermakna melalui metode pelelehan logam dgn kata lain logam bagi lantas dituang & dicetak sinkron dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat
Bahan
Logam yg digunakan rata-rata merupakan zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam atau pot metal. Mainan yang biasa menggunakan prosedur die casting rata-rata merupakan mainan tipe dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun dpt dibuat dengan cara ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan value ekonomi yang amat bagus kalo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh lebih upah dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Sampai-Sampai byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat & menjalankan jual-beli, pergantian uang di profesi mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual belanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini sanggup sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa dengan condong menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau design diecast tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Namun utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling dapat menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu memprovokasi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar minat kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Barat

LihatTutupKomentar