DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau serta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain jenis yang diproduksi memakaikan langkah die-casting, yang berarti menggunakan metode pelelehan logam dgn kata lain logam utk selanjutnya dituang serta dicetak pantas dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja
Bahan
Logam yg dipakai kebanyakan yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang lumrah menggunakan strategi die casting umumnya merupakan mainan rupa dengan size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun mampu diproses dengan teknik ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu seperti keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yg amat bagus k'lo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima extra gaji dari menekuni karier diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat & menjalankan jual-beli, peredaran uang di bisnis mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual beli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja
Harga
Nilai juga sangat beragam beserta cenderung menjelma tinggi, lebih-lebih sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo model modeling tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia minat yang 1 ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yang seorang kolektor, senang ini, mencintai modeling sanggup berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja

DIECAST MINIATUR MOBIL Baturaja

LihatTutupKomentar