DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain model yang diproduksi memakekan program die-casting, yang berarti melalui sistem pelelehan logam alias metal buat sesudahnya dituang dan dicetak sesuai dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Bahan
Logam yang digunakan lazimnya ialah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang biasa menerapkan petunjuk die casting rata-rata adalah mainan rupa dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dapat diproses dgn teknik ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat serupa keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain tidak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus bila kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima ekstra nafkah dari menekuni pencaharian diecast ini. Lebih-Lebih byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat dengan mengerjakan jual-beli, pertukaran uang di profesi mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual beli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Harga
Price juga sangat bervariasi serta mengarah menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa miniatur tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini dapat menjadi sangat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

LihatTutupKomentar