DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi menerapkan kaidah die-casting, yang bermakna melalui sistem pelelehan metal alias metal bagi lalu dituang dengan dicetak setakar dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya
Bahan
Logam yg digunakan lazimnya yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakekan strategi die casting lazimnya yakni mainan tipe dgn skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun dpt diurus dgn prosedur ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern kalau diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mendapatkan value ekonomi yg sangat bagus kalau kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh lbh salary dari menekuni bisnis miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni sekadar dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, pergantian uang di pekerjaan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya
Harga
Nilai juga sangat bervariasi dengan menjurus menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo model diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Tapi utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu merintangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, serupa penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Raya

LihatTutupKomentar