DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yg pertama... sebab anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain jenis yang diproduksi memakekan langkah die-casting, yg bermakna lewat teknik pelelehan logam alias logam utk lalu dituang dengan dicetak setakar dengan rupa yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari
Bahan
Logam yg dipake kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yang standar menggunakan tutorial die casting lazimnya adalah mainan model dengan skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun mampu diproduksi dgn tata cara ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt semacam keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yg sangat bagus bila kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan pelengkap honor dari menekuni pencaharian diecast ini. Sampai-Sampai byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat dan memperbuat jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari
Harga
Harga juga sangat beragam bersama condong menjadi tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila jenis miniatur tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Tapi buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling dapat menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari

DIECAST MINIATUR MOBIL Penjaringan Sari

LihatTutupKomentar