DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias model yang diproduksi menggunakan bimbingan die-casting, yang berarti memakai proses pelelehan logam atau metal untuk selanjutnya dituang & dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba
Bahan
Metal yang dipake kebanyakan ialah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim memakaikan aturan die casting rata-rata adalah mainan tipe dengan ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dapat diproses dengan langkah ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus bila kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima tambahan pendapatan dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Terlebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positive jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba
Harga
Price juga sangat bervariasi beserta cenderung menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau model miniatur tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Namun buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai versi mini dapat menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, serupa penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

DIECAST MINIATUR MOBIL Daruba

LihatTutupKomentar