DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan alias design yang diproduksi menerapkan sistem die-casting, yg berarti memakai metode pelelehan logam alias logam untuk sesudahnya dituang beserta dicetak sebati dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng
Bahan
Metal yang digunakan umumnya yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakaikan tips die casting rata-rata ialah mainan desain dgn ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dpt diproses dengan tata cara ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care kalo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yg sangat bagus jika kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan lebih nafkah dari menekuni bisnis miniatur ini. Terlebih banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dan menjalani jual-beli, peredaran uang di pencaharian mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yg dilelang, aliran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng
Harga
Value juga amat bervariasi bersama menjurus menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo desain versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia senang yg 1 ini. Namun untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai modeling mampu menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata kesenangan kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng

DIECAST MINIATUR MOBIL Genteng

LihatTutupKomentar