DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain jenis yg diproduksi menggunakan arahan die-casting, yang berarti lewat teknik pelelehan metal alias metal untuk setelah itu dituang beserta dicetak bertimbal dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan
Bahan
Logam yang dipakai umumnya ialah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang lazim menerapkan program die casting lazimnya yaitu mainan design dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun mampu dibuat dgn aturan ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada jenis tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak peduli jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun mendapatkan value ekonomi yang amat bagus bila kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima ekstra salary dari menekuni pencaharian miniatur ini. Terlebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat & melakukan jual-beli, pergantian uang di karier mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi bagus jual beli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam bersama menjurus menjadi tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila tipe versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Tetapi utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai modeling bisa menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn minus mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hyn minat kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kasongan

LihatTutupKomentar