DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan denger dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain desain yg diproduksi menggunakan tips-tips die-casting, yg bermakna memakai teknik pelelehan metal dengan kata lain metal buat setelah itu dituang dengan dicetak sebati dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang
Bahan
Metal yg diperlukan lazimnya yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang biasa memakaikan tata cara die casting biasanya yaitu mainan jenis dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dapat diproduksi dgn sistem ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pada jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dengan kata lain enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus bila kita mampu jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima tambahan mata pencaharian dari menekuni pencaharian diecast ini. Bahkan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, pergantian uang di profesi mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi positif jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang
Harga
Value juga sangat berupa-rupa dengan menjurus berubah tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika desain diecast tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Tapi buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dapat berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kesukaan kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan panduan apa kita hendak menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang

DIECAST MINIATUR MOBIL Tamiang Layang

LihatTutupKomentar