DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain design yang diproduksi menerapkan pola die-casting, yang berarti memakai prosedur pelelehan logam atau logam bakal lalu dituang serta dicetak pantas dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Bahan
Logam yg digunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang umum menerapkan bimbingan die casting kebanyakan merupakan mainan tipe dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun bisa diciptakan dengan strategi ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak care k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yang sangat bagus jika kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan ekstra upah dari menekuni profesi miniatur ini. Terlebih byk yg dpt menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, hingga dengan terlibat dan melaksanakan jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi baik jual beli ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Harga
Price juga sangat bervariasi beserta menjurus berubah tinggi, malahan sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo model versi mini tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai versi mini dpt menjadi sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menggerecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar minat kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan kaidah apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

LihatTutupKomentar