DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi menggunakan tips die-casting, yang berarti menggunakan teknik pelelehan logam atau logam utk selanjutnya dituang serta dicetak setakar dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Bahan
Logam yang diperlukan biasanya merupakan zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang normal menggunakan aneka tips die casting biasanya adalah mainan jenis dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebenarnya apapun sanggup dikerjakan dengan arahan ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat seperti keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak peduli jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus kalau kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan ekstra upah dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Malahan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni sekadar dari pekerjaan modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta menjalankan jual-beli, aliran uang di bisnis mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual membeli maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini mampu menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Harga
Harga juga sangat bervariasi & berat menjelma tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design miniatur tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Tetapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling bisa menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus merintangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan langkah apa kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

DIECAST MINIATUR MOBIL Cianjur

LihatTutupKomentar