DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain desain yang diproduksi memakaikan program die-casting, yg berarti menggunakan cara pelelehan metal atau logam bakal selanjutnya dituang dengan dicetak sinkron dengan rupa yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda
Bahan
Metal yang diperlukan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang lazim menggunakan prosedur die casting rata-rata yaitu mainan model dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun mampu dirancang dengan pola ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa serupa keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), namun memperoleh price ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan ekstra nafkah dari menekuni usaha modeling ini. Terlebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, sampai dgn terlibat serta memperbuat jual-beli, pertukaran uang di karier mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi positif jual membeli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam & berat menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika desain diecast tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia senang yang 1 ini. Tetapi utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dapat menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman minat kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda

DIECAST MINIATUR MOBIL Samarinda

LihatTutupKomentar