DIECAST MINIATUR MOBIL Metro

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi memakaikan tata cara die-casting, yang berarti menggunakan cara pelelehan metal atau logam utk kemudian dituang bersama dicetak sebati dengan model yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro
Bahan
Metal yg dipake umumnya yaitu zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yang biasa memakekan teknik die casting kebanyakan yaitu mainan jenis dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun sanggup diurus dgn tips ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yang sangat bagus bila kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh extra mata pencaharian dari menekuni pekerjaan diecast ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalani jual-beli, pergantian uang di usaha mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro
Harga
Value juga sangat berupa-rupa dan cenderung berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo model miniatur tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yang satu ini. Namun bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai versi mini bisa menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma hobi kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro

DIECAST MINIATUR MOBIL Metro

LihatTutupKomentar