DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menggunakan program die-casting, yang bermakna menggunakan sistem pelelehan metal alias metal buat selanjutnya dituang bersama dicetak bertimbal dengan model yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo
Bahan
Logam yang dipake umumnya ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang biasa menerapkan cara die casting lazimnya yaitu mainan tipe dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dpt diciptakan dgn tips ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi memperoleh price ekonomi yg amat bagus bila kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan lbh income dari menekuni pencaharian versi mini ini. Bahkan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, aliran uang di bisnis mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo
Harga
Harga juga amat berupa-rupa & condong berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika design versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling sanggup menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari sekadar suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan cara apa kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo

DIECAST MINIATUR MOBIL Gorontalo

LihatTutupKomentar