DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama dengar dong merk yg pertama... karna anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain rupa yg diproduksi memakekan prosedur die-casting, yang bermakna melalui cara pelelehan logam dgn kata lain logam buat sesudahnya dituang bersama dicetak setakar dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang
Bahan
Metal yang dipegunakan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yang standar memakaikan tata cara die casting umumnya merupakan mainan tipe dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun dpt dibuat dgn program ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yg sangat bagus kalau kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh lebih mata pencaharian dari menekuni profesi modeling ini. Lebih-Lebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat & menjalani jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual belanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dapat mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang
Harga
Nilai juga amat bervariasi & condong berubah tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo desain versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast mampu menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

DIECAST MINIATUR MOBIL Soreang

LihatTutupKomentar