DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau design yang diproduksi menggunakan tips die-casting, yang bermakna lewat prosedur pelelehan metal alias metal buat sesudahnya dituang & dicetak setakar dgn tipe yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah
Bahan
Logam yg dipegunakan lazimnya yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang biasa menggunakan tips die casting kebanyakan adalah mainan jenis dengan ukuran misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun dpt diurus dengan cara ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus kalau kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lebih income dari menekuni penghidupan diecast ini. Terlebih banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat & melaksanakan jual-beli, pergantian uang di bisnis mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual belanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah
Harga
Price juga sangat beragam bersama mengarah berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika model versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yg satu ini. Tapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast sanggup berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus merintangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma hobi kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Tapanuli Tengah

LihatTutupKomentar