DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta denger dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias model yg diproduksi menggunakan teknik die-casting, yang berarti lewat sistem pelelehan metal dgn kata lain metal bakal setelah itu dituang bersama dicetak sinkron dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular menggunakan bimbingan die casting lazimnya adalah mainan model dengan skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun dpt diurus dengan cara ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt semacam keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pada desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mendapatkan value ekonomi yg amat bagus kalau kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh tambahan gaji dari menekuni bisnis miniatur ini. Bahkan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, sampai dgn terlibat bersama memperbuat jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dapat mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi
Harga
Value juga amat beragam serta berat menjelma tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila design versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Namun bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu merongrong kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma senang kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, kepingin menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi

DIECAST MINIATUR MOBIL Wakatobi

LihatTutupKomentar