DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta denger dong merk yg pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi menerapkan tata cara die-casting, yg bermakna melalui prosedur pelelehan logam dengan kata lain logam bakal kemudian dituang dengan dicetak sinkron dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang normal memakekan kaidah die casting kebanyakan merupakan mainan rupa dengan size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun dapat diproduksi dgn aturan ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup serupa keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mendapatkan harga ekonomi yang amat bagus kalau kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu mendapatkan ekstra pendapatan dari menekuni bisnis modeling ini. Bahkan byk yang bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari karier modeling ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, pergantian uang di karier mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual beli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dan miring menjelma tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo model modeling tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia senang yg 1 ini. Tapi utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling dpt berubah sangat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah memprovokasi kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk prospek dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, serupa penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

DIECAST MINIATUR MOBIL Morowali

LihatTutupKomentar