DIECAST MINIATUR MOBIL Maba

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau jenis yg diproduksi memakaikan metode die-casting, yg berarti menggunakan operasi pelelehan metal alias metal bagi sesudahnya dituang bersama dicetak serasi dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba
Bahan
Metal yang dipake biasanya ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang jamak memakekan cara die casting kebanyakan yaitu mainan model dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun bisa diproses dgn prosedur ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dengan kata lain tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yg amat bagus kalau kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh tambahan upah dari menekuni pencaharian diecast ini. Malahan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalani jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positif jual beli ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini dpt sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba
Harga
Value juga amat beragam beserta condong berubah tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo tipe modeling tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai diecast dpt berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar senang kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba

DIECAST MINIATUR MOBIL Maba

LihatTutupKomentar