DIECAST MINIATUR MOBIL Fef

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau desain yang diproduksi memakaikan aturan die-casting, yang bermakna melalui cara pelelehan metal dengan kata lain metal utk lantas dituang dan dicetak sinkron dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef
Bahan
Logam yg dipake lazimnya ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg regular memakekan bimbingan die casting lazimnya merupakan mainan desain dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dapat dikerjakan dengan kaidah ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu seperti keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh pelengkap pendapatan dari menekuni karier diecast ini. Bahkan banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari penghidupan modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dan memperbuat jual-beli, aliran uang di karier mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual pesan maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef


Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam bersama berat berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau rupa versi mini tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Tetapi utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai miniatur bisa menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, semacam saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef

DIECAST MINIATUR MOBIL Fef

LihatTutupKomentar