DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama denger dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias tipe yg diproduksi memakekan pola die-casting, yang berarti lewat teknik pelelehan logam dgn kata lain logam buat lalu dituang bersama dicetak serasi dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang
Bahan
Metal yg dipegunakan rata-rata yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang jamak menggunakan program die casting biasanya merupakan mainan model dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun bisa diproses dengan tata cara ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dengan kata lain tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus jika kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima pelengkap pendapatan dari menekuni penghidupan miniatur ini. Terlebih banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat dengan melakukan jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli baik jual pesan maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang
Harga
Value juga sangat beragam beserta miring menjadi tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau desain modeling tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kesenangan yang satu ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai versi mini dapat menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuman senang kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, seperti saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang

DIECAST MINIATUR MOBIL Padangpanjang

LihatTutupKomentar