DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan mendegar dong merk yg pertama... karna anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau model yang diproduksi memakekan program die-casting, yg berarti memakai operasi pelelehan logam dgn kata lain metal utk lantas dituang bersama dicetak pantas dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Bahan
Logam yang dipakai lazimnya adalah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim menerapkan panduan die casting lazimnya ialah mainan design dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun bisa diurus dgn teknik ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dgn istilahnya, karna mereka mampu seperti keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak care kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memiliki harga ekonomi yang sangat bagus kalo kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh extra income dari menekuni penghidupan modeling ini. Terlebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi hobi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melakukan jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi positif jual pesan maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dapat menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Harga
Value juga amat berupa-rupa serta berat menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau rupa versi mini tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia senang yg 1 ini. Namun buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai miniatur dapat menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya kesukaan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

DIECAST MINIATUR MOBIL Sikka

LihatTutupKomentar