DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau model yg diproduksi memakaikan teknik die-casting, yang bermakna menggunakan sistem pelelehan logam dgn kata lain metal bagi setelah itu dituang & dicetak serasi dengan tipe yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki
Bahan
Metal yg digunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg umum menerapkan teknik die casting rata-rata ialah mainan model dgn size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan kaidah ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak concern jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai value ekonomi yang amat bagus kalo kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan pelengkap honor dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Terlebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat dengan mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dpt sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki
Harga
Value juga amat berupa-rupa serta menjurus menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika desain miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yg satu ini. Namun buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai miniatur sanggup menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman gemar kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki

DIECAST MINIATUR MOBIL Saumlaki

LihatTutupKomentar