DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi memakaikan prosedur die-casting, yg bermakna memakai prosedur pelelehan metal dengan kata lain logam untuk setelah itu dituang beserta dicetak setakar dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diproses dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak
Bahan
Metal yg digunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yg jamak menerapkan tata cara die casting biasanya adalah mainan desain dgn skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun bisa diproses dgn teknik ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, sebab mereka bisa seperti keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak concern kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan lbh mata pencaharian dari menekuni profesi diecast ini. Sampai-Sampai banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari usaha versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat & menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi positif jual pesan ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yang dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini mampu menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa serta menjurus menjelma tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo rupa miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia minat yg satu ini. Tapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuma gemar kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan tips-tips apa kita ingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lolak

LihatTutupKomentar