DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain model yang diproduksi memakekan panduan die-casting, yg berarti lewat prosedur pelelehan metal dengan kata lain metal untuk setelah itu dituang bersama dicetak bertimbal dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen
Bahan
Logam yg dipegunakan biasanya ialah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg lazim menerapkan aneka tips die casting kebanyakan yakni mainan rupa dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dpt diproses dengan manual ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dgn istilahnya, sebab mereka dapat sebagaimana keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern bila modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan value ekonomi yang sangat bagus jika kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima komplemen upah dari menekuni profesi miniatur ini. Malahan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen
Harga
Price juga sangat berupa-rupa bersama mengarah menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Tapi utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling sanggup menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa pakai merintangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari sekadar suka kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan kaidah apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kepulauan Yapen

LihatTutupKomentar