DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau model yg diproduksi menggunakan arahan die-casting, yg bermakna menggunakan operasi pelelehan logam alias metal bakal setelah itu dituang beserta dicetak sebati dgn tipe yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja
Bahan
Metal yg dipake kebanyakan yakni zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim memakaikan tips-tips die casting umumnya yakni mainan desain dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun dapat diurus dgn cara ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu semacam keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak care k'lo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yang sangat bagus jika kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima tambahan penghidupan dari menekuni karier miniatur ini. Bahkan byk yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, aliran uang di usaha mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi bagus jual pesan maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja
Harga
Value juga amat beragam & cenderung berubah tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila desain versi mini tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Tapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dapat berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn minus merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kesenangan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja

DIECAST MINIATUR MOBIL Singaraja

LihatTutupKomentar