DIECAST MINIATUR MOBIL Agats

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi menggunakan prosedur die-casting, yang berarti lewat prosedur pelelehan metal dengan kata lain metal untuk kemudian dituang dengan dicetak sebati dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats
Bahan
Logam yang digunakan kebanyakan yakni zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg normal memakekan tata cara die casting umumnya ialah mainan desain dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun bisa dikerjakan dengan cara ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan value ekonomi yang sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima tambahan penghidupan dari menekuni profesi diecast ini. Bahkan byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi diecast ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dan menjalani jual-beli, rotasi uang di pencaharian mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual belanja maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats
Harga
Nilai juga sangat bervariasi & berat menjadi tinggi, malahan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau desain modeling tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yg satu ini. Tapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast bisa berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, seperti saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats

DIECAST MINIATUR MOBIL Agats

LihatTutupKomentar