DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat hunian dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menggunakan langkah die-casting, yg bermakna lewat sistem pelelehan logam alias metal untuk lantas dituang dan dicetak sesuai dgn tipe yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa
Bahan
Metal yang dipegunakan kebanyakan yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg standar memakekan sistem die casting umumnya adalah mainan design dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun dpt dibuat dengan cara ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), namun memperoleh price ekonomi yang sangat bagus k'lo kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan lebih income dari menekuni pekerjaan diecast ini. Terlebih banyak yang bisa menghidupi keluarganya murni semata-mata dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dengan memperbuat jual-beli, pergantian uang di pencaharian mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli positif jual pesan ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa
Harga
Price juga amat beragam bersama mengarah menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika design miniatur tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yg satu ini. Namun utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dpt menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma doyan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa

DIECAST MINIATUR MOBIL Tarempa

LihatTutupKomentar