DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat bangunan dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias tipe yg diproduksi menggunakan tips die-casting, yg berarti menggunakan teknik pelelehan metal dengan kata lain logam buat setelah itu dituang bersama dicetak pantas dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas
Bahan
Logam yang dipake kebanyakan adalah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam atau pot metal. Mainan yg lazim memakaikan tata cara die casting umumnya yaitu mainan rupa dengan skala umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dapat dibuat dengan aneka tips ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup serupa keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak care k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yg sangat bagus kalau kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima pelengkap penghasilan dari menekuni usaha versi mini ini. Malahan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat serta menjalankan jual-beli, peredaran uang di penghidupan mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positif jual pesan ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs diecast yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini bisa mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas
Harga
Harga juga amat bermacam-macam serta mengarah menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo model diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling sanggup berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak pake merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan langkah apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas

DIECAST MINIATUR MOBIL Kapuas

LihatTutupKomentar